Senin, 24 November 2008

Perancangan Sistem Bagian 2 - Perancangan

Posting kali ini merupakan lanjutan dari postingan yang lali Spesifikasi. Setelah kita dapat memecah masalah menjadi bagian kecil atau sub-sub masalah, maka langkah selanjutnya adalah merancang Objek yang akan kita gunakan untuk memecahkan masalah-masalah yang telah kita pecah tersebut. adapun untuk setiap objek yang kita rancang harus memenuhi pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:
  1. Bagian mana dari program yang akan di tangani, atau di lakukan oleh Objek?
  2. Data apa saja yang nantinya akan di perlukan oleh objek tersebut?
  3. Apa saja aksi atau perlakuan yang di perlukan oleh objek tersebut?
  4. Interface apa saja yang akan di di berikan objek ini kepada objek-objek yang lainnya?
  5. Informasi apa saja yang akan di sembunyikan dari Objek lain? (Dalam hal ini pemberian hak akses, public, private, atau protected).

Untuk memberikan gambaran tentang perancangan, kita akan merancang sebuah class sebagai contoh. Class yang akan dibuat pada kesempatan kali ini adalah Class TebakTebakan.

Spesifikasi Program
- Nama Kelas : TebakTebakan
- Bagian dari progran yang akan di eksekusi : menyimpan pertanyaan dan jawaban
- Atribut (Informasi)
pertanyaan : Variabel yang akan digunakan untuk untuk mengimpan pertanyaan.
jawaban : Variabel yang akan digunakan untuk untuk mengimpan jawaban.

- Method atau Aksi
TebakTebakan(): Method untuk meng-set Pertanyaan dan jawaban TebakTebakan.
getPertanyaan(): Method yang mengembalikan / me-Return Pertanyaan.
getJawaban() : Method yang mengembalikan / me-Return Jawaban.

Dengan melakukan spesifikasi seperti di atas, maka kita dapat menentukan fungsi dari objek ini dengan memenuhi jawaban dari pertanyaan di atas.

Bagian mana dari program yang akan di tangani, atau di lakukan oleh Objek?
Bagian yang akan ditangani oleh objek TebakTebakan ini adalah bagian penanganan pertanyaan dan jawaban yang nantinya akan dibutuhkan oleh sistem.

Data apa saja yang nantinya akan di perlukan oleh objek tersebut?
Informasi yang dibutuhkan oleh objek TebakTebakan adalah Pertanyaan dan Jawaban

Apa saja aksi atau perlakuan yang di perlukan oleh objek tersebut?
Aksi yang lakukan objek ini adalah menngambil dan meng-set pertanyaan dan jawaban.

Interface apa saja yang akan di di berikan objek ini kepada objek-objek yang lainnya?
Dalam hal ini yang digunakan untuk berkomunikasi dengan objek lain adalah method-mrthod yang bersifat public.

Informasi apa saja yang akan di sembunyikan dari Objek lain? (Dalam hal ini pemberian hak akses, public, private, atau protected).
Untuk lebih jelasnya berikutdiagram UML yang merepresentasikan Class TebakTebakan

Ket:
- Private
+ Public

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Perancangan Sistem Bagian 2 - Perancangan"