Rabu, 03 Desember 2008

Eclipse, sebuah tools java developer yang lagi-lagi Gratis, tis tis. Mau???

Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent). Menurut beberapa kalangan, Eclipse adalah salah konsorsium Java terbesar didunia, dengan produk unggulan bernama Eclipse IDE, yang merupakan projek US$ 40 juta.

Cukup ya intronya, Keterangan lebih luas tentang Eclipse dapat dilihat Disitus resminya. Sekarang yang ingin saya tujukan adalah penggunaan dan cara pengoperasian Eclips pada Tahap awal penggunaanya.

Mengoperasikan Eclipse sangat mudah, kita tidak perlu menginstall, ini itu. Tinggal Extract, trus panggil deh Eclipse nya. Berikut Screenshot dari Eclipse.



Jika kita baru pertama kali menggunakan Eclipse, maka akan muncul sebuah dialogBox yang menanyakan tentang Workspace.



Disini kita harus menentukan Workspace dimana kita nantinya akan mengerjakan project java kita.
Beginilah tampilan utama Eclipse.



Satuhal yang perlu diperhatikan sebelum kita mulai menggunakan Eclipse ini adalah, ada baiknya kita mengatur terlebih dahulu tampilan Eclipse agar kita merasa nyaman dalam mengerjakan project. Berikut tampilan yang saya sarankan bagi temen-temen yang berniat menggunakan Eclipse sebagai tools dalam pengembangan project java.


Dengan layout diatas, kita akan memiliki tampilan yang luas, dan simple, sehingga kita akan mudah dalam memeriksa hasil pekerjaan kita.

Untuk merubah tampilan Eclipse tidaklah sulit, kita dapat lakukan dengan melakukan Drag dan Drop setiap jendela/Window/Palet. Lalu kita Simpan Setting tampilan tersebut. Caranya adalah Pilih Menu Window -> Save Perspective As.



Untuk Membuka Tampilan yang telah dibuat tadi, kita dapat lakukan dengan cara pilih menu Window -> Open Perspective -> Other.


Ok Sekian dulu, cape juga ngetik trus print screen, lagi lagi dan lagi :). Disambung lain kali. Moga Bermanfaat.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Eclipse, sebuah tools java developer yang lagi-lagi Gratis, tis tis. Mau???"