Selasa, 25 November 2008

Bingung menggunakan JColorChooser? Baca yang satu ini

JColorChooser merupakan komponen untuk memilih warna (Mirip seperti Color Palet pada Photoshop). komponen ini dapat kita gunakan untuk menetukan warna dari background, warna huruf, dan warna yang lainnya. JColorChooser dapat kita letakan/tampilkan dimana saja didalam program yang menguunakan GUI sebagai interface. namun jika kita mau kita dapat meletakan komponen ini pada sebuah dialog pane. berikut gambar penggunaan JColorChooser.



Untuk membuat JColorChooser sangat mudah. Sebelum kita mulai Download dulu Source Codenya disini PilihWarna Source Code
Untuk membuat JColorChooser terlebih dahulu kita siapkan Container yang akan menampung JColorChooser ini. Perhatikan potongan kode dibawah ini:

. . .
protected JColorChooser dialogWarna;

protected JLabel blackOntaLabel;
. . .

public class PilihWarna extends JPanel ... {
public PilihWarna() {
super(new BorderLayout());

. . .

dialogWarna = new JColorChooser(blackOntaLabel.getForeground());

. . .

add(dialogWarna, BorderLayout.PAGE_END);

}


Setelah mendeklarasikan JColorChooser, langkah berikutnya yang harus kita lakukan adalah memberikan ChangeListener. ChangeListener merupakan Event Listener yang nantinya akan menangkap perubahan yang terjadi pada JColorChooser. dengan demikian perubahan yang terjadi pada JColorChooser akan dapat di terapkan pada komponen lainnya. Misalnya kita memilih warna merah pada JColorChooser, maka ChangeListener akan beraksi dan melakukan perintah yang ada pada deklarasi event ini. Perhatikan potongan kode berikut:

. . .
dialogWarna.getSelectionModel().addChangeListener(this);

. . .
public void stateChanged(ChangeEvent e) {

Color newColor = dialogWarna.getColor();

blackOntaLabel.setForeground(newColor);

}


Kode diatas, akan merubah warna huruf pada blackOntaLabel, menjadi warna yang sama dengan warna yang kita pilih pada JColorChooser. Pembahasan mengenai Change listener akan di ceritakan pada Posting berikutnya.

Sekarang tinggal kreatifitas kita yang beraksi :). Kita dapat mengembangkan program kita menjadi lebih kompleks. So, Moga berhasil.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Bingung menggunakan JColorChooser? Baca yang satu ini"