Jumat, 28 November 2008

Java tidak menyertakan Statusbar??? Bukan masalah !!!!

Pernah melihat Tampilan seperti ini dibawah sebuah prgram???



ya, status bar. terkadang dalam beberapa kasus penggunaan Status Bar ini sangat membantu. Oleh karena itu, dalam postingan kali ini, saya akan coba membuat Status bar. Seperti kita tau, Java tidak menyertakan Komponen Status Bar seperti pada Delphi atau Visual Basic. Jadi kita musti mebuat sendiri Status barnya. Banyak komponen swing yang bisa kita gunakan seperti, Jlabel, JPanel, Ataupun kita bisa menggunakan JProgressBar yang kemudian kita masukan kedalam JPanel lalu kita buat sebagai StatusBar. Kali ini kita akan buat Status bar Yang seserhana, dengan menggunakan JLabel. Status bar ini sederhana, yang penting kita semua mengetahui prinsipnya, jadi untuk selanjutnya dapat dikembangkan lebih lanjut dan kompleks.

untuk membuat Status Bar menggunakan JLabel kita perlu membuat Sebuah Class Status Bar. Kita dapat memisahkannya dalam sebuah class dan kita panggil dalam program utama kita. Tapi dalam kesempatan kali ini, saya akan membuat sebuah class Statusbar dan program pemangginya agar lebih mudah di pelajari. Anda dapat mendownload Source lengkapnya disini.

Perhatikan baris kode berikut:
public StatusBar() {
super();

super.setPreferredSize(new java.awt.Dimension(100,20));
super.setBorder(javax.swing.BorderFactory.createBevelBorder(1));
setPesan("Ready ....");
}
//buat method untuk mengeset String kedalamnya

public void setPesan(String p){

setText(p);

}
}


Kode diatas akan membuat String dengan Bordet bevel yang kemudian nantinya akan digunakan sebagai status bar. sebagai pemanggil, kita buat kembali sebuh class, terserah mau di namain apa. perhatikan baris kode berikut;

StatusBar sb;
JButton tombol;
JTextField teks;

public DemoStatusBar() {
sb=new StatusBar();


Kode diatas akan memanggil class StatusBar yang telah kita buat.

window.getContentPane().add(sb, BorderLayout.SOUTH);

akan menempatkan kode pada bagian bawah form. Berikut Screenshot dari dari program yang kita buat:



untuk mengeset nilai pada Status Bar yang kita buat, kita menggunakan method setPesan. dalam kasus ini saya menggunakan tombol dan TextField untuk mengeset Nilai yang kita inputkan pada TextField kedalam Status bar. Perhatikan potongan baris program berikut:

public void actionPerformed(ActionEvent e){
sb.setPesan(teks.getText());

}


Beginilah kasilnya ketika tombol kita tekan.

Mengenai referensi tentang Border dan ActionEvent akan saya postingkan menyusul. Moga bermanfaat dan selamat mencoba.....


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Java tidak menyertakan Statusbar??? Bukan masalah !!!!"