Minggu, 23 November 2008

Objek Oriented - Mendesain Sebuah Program

Anda mengalami kesulitan dalam membuat sebuah program????. Pemograman bukab hanya sekedar menuliskan syntax. lebih dari itu, pemograman melinatkan berbagai aspek, diantaranya Perencanaan dan desain. Desain program yang buruk, akan menghasilkan pekerjaan yang dilakukan menjadi kurang baik hasilnya.
Ada sebuah istilah dalam dunia pemograman "anda tidak boleh terburu buru dalam membuat program, semakin cepat anda memulai langkah dengan menuliskan program/syntax, maka akan semakin lama pekerjaan itu selesai". Ini metupakan bagian dari pemograman berorientasi objek. dengan kata lain, semakin baik kita dalam mendesain program, semakin pekerjaan selesai dengan hasil yang kita inginkan.

Siklus pengembangan Perangkat Lunak
Pengembangan Perangkat Lunak, merupakan sebuah proses mendesain dan menulis/coding perangkat lunak. Siklus pengembangan Perangkat Lunak merujuk pada beberapa fase yang berbeda.secara umum kita dapat membagu tahapan tersebut mejadi 4 bagian.
Tahapan-tahapan tersebut adalah:
- Spesification, (Spesifikasi) pada tahap ini kita harus membuat menjelaskan masalah, dan menjelaskan secara terperinci dari program yang akan dita buat.
- Design, (Desain) pada tahap ini kita harus menentukan dan merancang berbagai macam Class, Method, dan Data, yang nantinya akan kita gunakan dalam program.
- Implementation, (Implementasi) tahapan ini merupakan menerapkan/mengimplementasikan desain yang kita buat kedalam kode program (Java, C++, atau bahasa Pemograman lain yang berorientasi Objek).
- Testing, (Uji Coba) tahapan ini dilakukan untuk mengetahui kinerja program yang kita buat.

Dibawh ini diagram proses pengembangan program




Jadi untuk membuat program yang bagus, mulailah dengan belajar mendesain program. Moga bermanfat.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Objek Oriented - Mendesain Sebuah Program"