Jumat, 30 Oktober 2009

Metode Pengembangan Software yang Lebih Efektif

Sebelumnya, kalau ide ini sudah ada yang menggunakan sebelum tulisan ini di posting, silahkan beri tahu.

sebelumnya proses pengembangan software merupakan sebuah proses yang melelahkan. terkadang dalam membuat sebuah aplikasi, kita menghabiskan waktu yang lama untuk membuat sebuah bagian program, tetapi kemudian dalam beberapa saat kita mengetahui bahwa kita tisak memerlukannya, alangkah sayang waktu yang kita habiskan.

begitupun dengan saya. beberapa lama bergelut di dunia pemograman, baru kali ini menyadari begitu banyaknya waktu yang kita habiskan.

memang tidak ada yang sia2, semua itu adalah sebuah proses.

namun belakangan saya membuat sebuah perubahan dalam netode pengembangan perangkat lunak yang biasa saya gunakan. biasanya dalam membuat sebuah aplikasi, saya fokus membuat seluruh komponen/bagian dari aplikasi itu. bingung? Misal:

"Saya membuat Aplikasi Java untuk sebuah Counter HP, maka yang saya lakukan adalah membuat keseluruhan bagian program, dari mulai Login, Manage Pengguna, Laporan, DLL.
nah kalau misalnya dalam kesempatan lain saya membuat sebuah aplikasi lain Misal Aplikasi Perpustakaan Sekolah, maka saya Akan memulai proses dari awal, paling banter mengkopikan beberapa kode dari project Aplikasi Counter HP."

Fyuh ................

Terobosan Baru pembuatan Aplikasi Desktop Ala BlackOnta (sekali lagi revisi jika ide ini sudah ada yang menggunakan)
Dalam pengembangan Aplikasi berbasis Web, dan Aplikasi Enterprice hal ini bukan sesuatu hal ang baru, Mungkin ada diantara temen2 yang pernah mengenal Joomla, Mambo?? jika ada pasti mengenal istilah Modul.
Yup terobosan itu adalah "MODUL"
Saya coba terapkan mode pengembangan berbasis modul ini dalam pengembangan Aplikasi Desktop, dan Hasil nya adalah LUAR BIASA. proses pengembangan menjadi jaul lebih cepat.

Banyangkan, Untuk membuat Aplikasi kita tinggal membuat Basik Aplikasi, kemudian Menambahkan modul2 yang diperlukan.
Beberapa Keuntungan yang diberukan:
- Dilihat Dari Segi Waktu
Lebih Cepat

- Dilihat Dari Keuntungan
Kita bisa mendapatkan banyak keuntungan
MIsal, Kita dapat Membuat program dengan fitur minimal, kemudian kita bisa tambahkan modul2 yang diperlukan, tentunya sesuai dengan Harga yang disepakati Tentunya ;)
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

8 komentar: on "Metode Pengembangan Software yang Lebih Efektif"

Mr. SKHAI mengatakan...

salut brow....tapi bisa g' dijelasin lebih detail lagi langkah2 pembuatan modul-nya pake java...udah pernah coba kan brow pembuatan modulnya pake java...o y brow, kalo brow mau buat laporan java biasanya pake apa,...pake ireport gitu or murni dari netbeansnya langsung di ktik source prog laporannya satu2?..kalo satu2 da ga' brow source untuk pindah kehalaman selanjutnya pas mau di cetak ke printer,...thanks brow...

Black Onta mengatakan...

Penjelasan lebih lanjut tentang modul Insya Allah di posting pada postingan selanjutnya.
Kalo Soal Report, biasaya tergantung keperluan, kalo sekedar print daftar beanjaan kayak disupermarket gitu aja sih bisa lanngsung pake kode java, but, klo untuk report yang Conplicated sih mendingan pake JasperReport (IReport sebagai IDEnya)

Mr. SKHAI mengatakan...

ok brow,...brow onta, kmarin saya ngalamin permasalahan dikit ma jasper report, saya kan mau cetak laporan nilai mahasiswa tapi make dua parameter gitu,..parameter yang saya ambil nomor_mhs sama semester_mhs, tapi pas di runing dia ga' mau jalan, pemanggilan dijavanya gimana y brow...trus di ireport untuk garis putus2 letaknya dimana brow, supaya tampilan laporan nilainya bagus gitu...makasih brow...

Vyor mengatakan...

@Mr Skhai : Kalo mau passing parameter pake Hash.
@BlackOnta : menurutku OOP jauh lebih powerfull untuk produtivitas.

Black Onta mengatakan...

@Vyori, Yupz, tp sebagai alternatif pengembangan berbasis modul jg ckp cepat. memang di java blom begitu terkenal, tp untuk bhs pmrogrmn yg lain cukup populer, ex PHP (dengan joomlanya)

@mr. SKHAI bisa ikuti Saran Vyori

Keep Moving all, Pisss

Anonim mengatakan...

Good idea dech...
Tapi aneh, sekarang udah jamannya OOP kok masih mandang modul ya..?
Kembali ke jaman lampau broww... tapi ada baiknya juga...! :D

Black Onta mengatakan...

Wahh kalo perancangan tetep make OOP brow, tapi dalam membuat program(Aplikasi), kita buat dalam modul2, gitu maksudnya, tapi dalam pembuatan modul2 tsb, pola perancangannya tetep menggunakan OOP, Misal, kita mau buat Aplikasi Perpus, Kita bagi jadi modul, Modul Main Project(Modul Utama), sirkulasi, anggota, de el el(Kita buat dalam project tersendiri, tapi tetap terkait dengan project Modul Utama), nah untuk perancangannya (misal perancangan Modul Utama), kita tetap menggunakan Pola Pengembangan Object, Hehe Sekedar Share Ajah, Sukur2 Berguna, Move Forward Bro

xbal_speedy mengatakan...

thanks atas infonya. .blog ini sangat membantu saya

salam
http://kumparter.blogspot.com/